Friday, June 16, 2006

Shawshank Redemption

Andi Taufan

Sebuah karya yang luar biasa dari Frank Darabont Karena merupakan film ketiga terbaik sepanjang masa setelah 1. Godfather dan 2. Lord Of The Ring Return Of The King. Seperti yang kita ketahui bahwa film ini diadaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul "Rita Hayworth and the Shawshank Redemption" Rita Hayworth menjadi figur karena Red (Morgan Freeman) memberikan sebuah poster untuk Andy (Tim Robbins) pasang di dinding selnya.
Film yang menceritakan kehidupan seorang banker, Andy dufresne di penjara karena menjadi tersangka atas pembunuhan istrinya sendiri. Andy yang merasa bahwa orang yang berada dipenjara adalah orang-orang yang tidak bersalah. Dan ia selalu berusaha mencari celah untuk mendapatkan kebebasannya.
Sebuah film yang brilian karena akting yang mengagumkan dari Morgan Freeman yang berperan sebagai Red. la di nominasikan dalam Oscar untuk aktor terbaik pada tahun 1995 tetapi tidak berhasil menang. (Tom Hanks memenangkannya dalam film Forest Gump.) Freeman bermain begitu menawan dalam setiap adegan yang diperankannya ia menghilangkan kebosanan dan olok-olokan dalam benak kita semua. Dan juga kita dapat melihat kekuatan dan soul dalam film ini yang sangat berbeda dengan film lainnya.
Tetapi Freeman juga tidak sendiri. Tim Robbins yang merupakan pahlawan, pemeran utama dalam film ini, Banker Andy Dufresne yang menjadi narapidana atas pembunuhan istrinya sendiri. Robbins mempunyai kualitas yang unik sebagai seorang aktor ia memberikan sentuhan yang mengagumkan pada karakter yang diperankannya. Dan mungkin ini adalah acting terbaik selama karirnya dalam perfilman. Hal itu dapat dibandingkan dengan film The Player (1992) sebuah film lain yang luar biasa, Mystic River (2003) ketika ia mendapatkan Oscar sebagai Best Supporting Actor.
Cinematography dari Roger Deakins yang luar biasa. Hampir tidak ada kesalahankesalahan kecil dalam film ini secara keseluruhan. Mungkin perbedaan yang sangat mencolok antara protagonis (Andy, Red, Brooks, dll) dan antagonis (The Warden, The Guards, dll) sangat mencolok terlihat. Selain itu akting Andy yang terlalu heroic dan jauh dari realitas. Dan mungkin "Redemption" merupakan suatu keajaiban. Tetapi itu bukan masalah yang besar.
Secara keseluruhan ini merupakan sebuah cerita yang menarik dan tidak boleh dilewatkan bagi mereka yangs sangat mengagumi arti sebuah persahabatan. Memberikan sebuah pengertian tentang arti kebebasan dalam hidup kita. Film persahabatan antara dua pria yang berbeda karakter yang mencoba bangkit dari keterpurukan menuju kebebasan walau hanya dengan sebuah kebenaran dan kesempatan yang sangat kecil

0 Comments:

Post a Comment

<< Home