Friday, June 16, 2006

"Dogville"
Oleh Andi Taufan

Sebuah cerita yang bertempat di Amerika tepatnya di rocky Mountain pada tahun 1930. Pada filmnya yang kali ini Lars Von Trier mencoba mengungkapkan arti sebuah kebaikan. Dan film ini sangat berbeda dengan Three Heart Trilogy nya (Breaking The Waves, The Idiots, and Dancer In The Dark)
Dogville merupakan sebuah karya yang eksklusif la dapat membuat kita berimajinasi yang luas karena film ini hanya bersetting kan sebuah studio atau teater yang kecil, tetapi dapat membuat sebuah film yang elegan dimana kita sebagai penonton tetap merasakan kehadiran bangunan-bangunan dan lingkungan dalam film tersebut. Dalam Dogville ini Lors Von Trier menciptakan sebuah suasana dengan atmosfer drama yang sangat kuat, dimana musik, suara dan pencahayaan coba untuk diminimalis sedangkan kekuatan peran para aktornya diperkuat dan dibuat begitu hidup dan menarik
Film ini menceritakan seorang gadis cantik yang menjadi buronan polisi, Grace (Nicole Kidman) datang ke sebuah desa kecil yang bernama Dogville, ia mencoba melarikan diri dari gerombolan gangsternya. Kemudian hadir Tom (Paul Betanny) yang mencoba membantunya, seorang yang biasa menjadi juru bicara di desa tersebut. Para penduduk desa pun setuju untuk menyembunyikannya dari polisi, dan Grace pun setuju untuk bekerja dengan mereka sebagai imbalannya. Tetapi bagaimanapun juga para penduduk meminta persetujuan yang lebih untuk keselamatan seorang gadis yang tersasar tersebut. Grace pun mencoba beradaptasi dengan lingkungan desa yang keras tersebut. Sedangkan Grace mempunyai sebuah rahasia dan itu sangat berbahaya, terutama bagi penduduk di Dogville yang akan menyesal jika mengetahuinya.
Satu hal yang menarik dalam film drama teater ini adalah Trier membuat sebuah adegan pemerkosaan atau hubungan sex dalam film ini merupakan suatu hal yang biasa saja dan tidak perlu dihebohkan bahkan ia membuatnya hingga berulang-ulang.
Drama mengagumkan berdurasi 2,5 jam, yang diperankan oleh Nicole Kidman, Paul Bettany, Stellan Skarsgaard, Ben Gazzara, Lauren Bacall dan James Caan. Ini merupakan sebuah film yang luar biasa untuk ditonton meskipun kamu tidak suka nonton film. Sebuah film yang harus ditonton bagi penggemar Nicole Kidman dan Lors Von Trier, bahkan juga untuk penggemar film-film layar lebar. Drama ini sangat mengagumkan dan dapat dikatakan sebagai sebuah ide yang inovatif dengan memindahkan sebuah drama teateritikal ke dalam layer lebar.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home